Cara Merawat Tanaman Efektif Supaya Nggak Cepat Layu

Cara Merawat Tanaman Efektif Supaya Nggak Cepat Layu

Cara Merawat Tanaman Efektif Supaya Nggak Cepat Layu

 

 

Bagi kalian yang senang berkebun, aktivitas dan cara merawat tanaman bisa menjadi hobi yang paling asyik untuk dijalani. Bayangkan, dimulai dari membeli benih, menanam, hingga merawat, pasti ada kepuasan tersendiri dari cara merawat tanaman yang efektif hingga menghasilkan kebun yang subur dan berbunga wangi. Pasti senang dong jika kamu tidak perlu repot ke pasar karena ada tanaman menghasilkan di rumah?

Namun, apa jadinya bila hobi berkebun malah membawa stres karena tanaman sering layu dan tidak berkembang dengan baik. Frustrasi, sedih dan putus asa bisa saja membuat kamu meninggalkan hobi berkebun. Bisa jadi, cara merawat tanaman kamu salah. Makanya, kamu perlu tahu cara merawat tanaman yang baik supaya hobi berkebun tetap berjalan, manfaat kesehatan dan produksi juga tetap bisa kamu nikmati. Yuk simak langsung delapan cara merawat tanaman yang paling efektif bersama Kania!

1.       Melakukan Teknik Penyiraman Air yang Tepat

Pada dasarnya, cara merawat tanaman sangat bergantung pada jenis tanaman yang kamu miliki, termasuk juga untuk tenik penyiraman air yang tepat. Jadi, supaya kamu semakin tanggap dalam cara merawat tanaman, ada baiknya kamu  mencari tahu kebutuhan air yang diperlukan oleh jenis tanaman milikmu. Penyiraman air yang terlalu sedikit biasanya akan menyebabkan tanaman menjadi kekeringan dan mati. Sebaliknya, cara merawat tanaman dengan menyiram air terlalu banyak malah akan menimbulkan pembusukan pada akar.

Ikuti tips-tips umum cara merawat tanaman dengan teknik penyiraman air yang tepat di bawah ini:

a.   Siram Tanaman di Pagi atau Malam Hari

Cara merawat tanaman bisa dilakukan dengan menyiram tanaman pada waktu pagi atau malam hari. Hal ini bertujuan agar tanamanmu memiliki suplai air yang cukup untuk menghadapi siang hari yang terik.

b.   Siram Tanaman Secara Merata

Saat menyiram tanaman kesayanganmu, jangan hanya fokus menyiram dengan air pada satu titik atau bagian tertentu saja. Lebih baik, kamu menyiram tanaman pada beberapa bagian yang berbeda secara merata agar dapat tumbuh dengan baik.

c.   Siram Tanaman Secukupnya

Salah satu cara merawat tanaman yang tepat adalah dengan menyiram tanaman dengan air yang secukupnya, tidak kurang dan tidak lebih. Hindari menyiram daun terlalu basah karena hanya akan mengundang penyakit tanaman.

d.   Hindari Genanagan Air pada Tanaman

Selain tidak boleh menyiram tanaman dengan terlalu banyak air dalam cara merawat tanaman, hindari juga genangan air yang mungkin ada di sekitarnya. Hal ini dikarenakan genangan air pada tanaman atau yang berada di dekat tanaman akan menutupi jalur oksigen sehingga dapat menyebabkan tanaman cepat rusak.

2. Memberikan Sinar Matahari Secara Merata

Cara merawat tanaman yang kedua setelah memberikan air adalah dengan mengekspos tanaman pada sinar matahari. Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis, bahkan tanaman indoor juga butuh sinar matahari secara langsung sesekali. Akan tetapi, sama dengan manusia, sinar matahari yang berlebihan bisa jadi cara merawat tanaman yang salah karena dapat membuat tanaman milikmu kekeringan, terbakar, dan layu.

Prinsipnya, cara merawat tanaman dengan bantuan sinar matahari paling ideal adalah dengan mengetahui kebutuhan eksposur sinar matahari. Kebun sayur dan buah-buahan biasanya membutuhkan sekitar enam jam sinar matahari secara langsung. Sedangkan tanaman biasa cukup diberikan sekitar tiga sampai empat jam setiap harinya.

Berbeda lagi dengan tanaman yang memang bisa tumbuh tanpa banyak paparan sinar matahari seperti kaktus dan tanaman sukulen, atau pakis dan tanaman sejenisnya yang hanya membutuhkan sekitar dua jam paparan sinar matahari setiap hari.

3. Kontrol Suhu & Kelembapan yang Pas

Apapun jenis tanaman milikmu, sayur, buah- buahan, bunga atau tanaman hias semuanya pasti membutuhkan suhu dan tingkat kelembapan yang pas. Sebagai rutinitas cara merawat tanaman yang baik, kamu harus rajin mencari tahu suhu dan kelembapan yang sesuai dengan jenis tanaman yang kamu miliki supaya tanaman tidak tumbuh pada cuaca atau lokasi yang salah. Memilih tanaman harus dimulai dari pemilihan jenis tanaman yang hanya sesuai dengan iklim dan kondisi tanah yang kamu miliki.

Dari segi suhu, hindari memilih tanaman yang tidak cocok dengan suhu rata-rata di kota tempat tinggalmu, misalnya jangan memilih jenis tanaman dingin untuk kamu yang tinggal di kota besar dengan suhu tropis. Sedangkan cara merawat tanaman dengan tingkat humiditas yang baik bisa diakali dengan alat bantu seperti humidifier atau memberikan sumber air di sekeliling tanaman

4. Antisipasi Hama dan Penyakit Sejak Dini

Banyak cara merawat tanaman yang efektif supaya tanaman tidak mudah terserang penyakit. Terapkan beberapa strategi cara merawat tanaman melalui tindakan pencegahan berikut ini:

a.   Menjaga Kualitas Tanah

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah tanaman terserang hama dan penyakit adalah dengan menjaga kualitas tanah. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan nutrisi organik, seperti kotoran hewan atau kompos alami secara rutin.

b.    Rutin Merotasi Tanaman

Cara merawat tanaman agar terhindar dari hama dan penyakit adalah dengan melakukan rotasi jenis tanaman secara rutin. Rotasi tanaman yang dimaksud adalah dengan cara menanam beberapa jenis tanaman yang berbeda di dalam satu musim. Dengan demikian, tidak ada sarang hama yang tertinggal saat kamu melakukan rotasi.

c.   Mengoptimalkan Lokasi dan Kondisi Tanaman

Cara merawat tanaman lainnya adalah dengan mengoptimalkan lokasi dan kondisi tanamanmu. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pupuk, cahaya matahari, dan metode penyiraman yang tepat.

d.   Memangkas Rumput Liar

Untuk membuat tanamanmu terhindar dari serangan hama dan penyakit, rajinlah membersihkan ilalang atau rumput liar yang tumbuh secara rutin.

Menghindari hama dan penyakit adalah cara merawat tanaman yang tergolong gampang-gampang susah, terutama hama musiman. Jadi, prioritaskan cara merawat tanaman dengan tindakan preventif di atas, ya!

5. Potong Tanaman yang Kering atau Mati

Apabila tanamanmu ada bagian yang sudah terlanjur terserang penyakit atau kering dan mati, kamu harus segera memotong atau memangkas bagian tanaman yang sudah kering dan mati tersebut. Cara merawat tanaman ini bertujuan agar penyakitnya tidak menyebar ke bagian lain yang masih hidup karena penyakit pada tanaman dapat menyebar dengan sangat cepat.

Oleh karena itu, rutinlah untuk melakukan pengecekan terhadap tanamanmu dan perhatikan apakah ada bagian yang sudah mulai layu, kering, atau bahkan mati. Jika ada, segeralah memotongnya menggunakan alat pemotong khusus tanaman. Melalui cara merawat tanaman ini, tanamanmu yang masih bertahan akan kembali hidup segar seperti baru dan bertumbuh subur.

6. Hindari Pupuk Kimia

Cara merawat tanaman yang baik umumnya selalu  mengutamakan bahan perawatan yang baik pula, misalnya pupuk alami atau perawatan bersifat organik yang bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya. Banyak ahli berkebun yang menyarankan cara merawat tanaman dengan sisa kotoran hewan, pupuk kompos, campuran nutrisi makro, hingga pupuk daur ulang. Alasannya adalah semakin murni kandungan pupuk yang kalian gunakan dalam cara merawat tanaman, semakin subur dan bebas layu pula hasil kebun atau tanaman di rumah.

7. Pemberian Nutrisi Vital Pertumbuhan

Mustahil jika kamu tidak mengikutsertakan nutrisi tumbuhan sebagai bagian dari cara merawat tanaman kamu dengan tepat. Ada enam nutrisi penting yang harus kamu perhatikan dalam cara merawat tanaman, yaitu nitrogen, fosfor, potassium, magnesium, sulfur, dan kalsium. Masing-masing nutrisi memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri dalam menyuburkan tanamanmu.

Dengan kombinasi enam nutrisi tersebut, kamu akan mendapatkan cara merawat tanaman yang paling sempurna. Nutrisi-nutrisi dasar untuk tanaman ini juga tidak sulit untuk didapatkan karena umumnya sudah terdapat di dalam tanah. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengganti tanah secara berkala sebagai cara merawat tanaman yang efektif. Dijamin, tumbuhan di taman milikmu senantiasa dapat tumbuh subur dan sehat tanpa sering layu.

8. Menjaga Kebersihan Di Sekeliling Tanaman

Cara merawat tanaman yang terakhir sebenarnya cukup simpel, yaitu dengan menjaga kebersihan di sekitar taman, pot, tanaman, dan menghindari tumpukan sampah terutama plastik, kaleng, dan bahan-bahan yang tidak bisa terurai dengan baik. Hentikan juga kebiasaan membuang puntung rokok atau membuang air bekas, seperti soda atau teh ke dalam taman dan pot tanaman milikmu karena itu bukanlah cara merawat tanaman yang baik, melainkan dapat merusak tanaman.

Sebaliknya, berikan perhatian dan kasih sayang sebagai bagian dari cara merawat tanaman milikmu, misalnya membersihkan patahan dahan, memangkas bagian yang tumbuh tidak teratur, dan juga membuang sisa-sisa kotoran atau debu yang seharusnya tidak berada di daerah tanaman.

 

 

 

 

 


Bagikan Post


Komentar

    Belum Ada Komentar


Tambahkan Komentar

Profil
Kategori
Event Terdekat

Tidak Ada Event Terdekat

Testimonial

Alhamdulillah sudah selesai...semangat dan semoga sukses Bapak dan Ibu...terima kasih Ibu Puspita Zo...

- Bpk. Dimas Wisnu, S.Sos., M.T. - Analis Kepegawaian Ahli Muda Bagian Kepegawaian dan Umum, di salah -

Alhamdulillah sdh selesai, Bpk/Ibu semangat semoga lancar & sukses, untuk Ibu Puspita Zorawar thanks...

- Bpk. Iman Suroso, S.Sos., M.Si, - Kepala Subbagian Tata Usaha, disalah satu Instansi Pemerintah -

Alhamdulillah, sudah selesai makasih Ibu Puspita Zorawar dan Tim, utk temen temen sukses ya, 👍...

- Bpk. Yana Suryana, S,E - Kepala Subbagian Tata Usaha, disalah satu Instansi Pemerintah -

Alhamdullilah, terima kasih Ibu Puspita Zorawra dan tim atas bimbingannya , sukses buat temen2 ya ...

- Ibu Dini Rianti, S.E. - Analis Kepegawaian Ahli Muda Bagian Kepegawaian dan Umum, di salah satu Inst -

Bapak Ibu terima kasih ya semua, saya sudah selesai, Ibu Puspita Zorawar juga terima kasih atas bimb...

- Bpk. Muldan Muhamad Ginanjar, S.E., M.T - Kepala Subbagian Keuangan dan Umum, di salah satu Instansi -

Alhamdulillah, semua berkat bimbingan Bu Puspita dan tim sehingga kami bisa kompeten semuanya. Terim...

- Bpk. Drs. Hery Wardoyo, M.Kom, Kepala Subbagian TU, disalah satu Instansi Pemerintah -

Pertama sekali saya Ucapkan Terima Kasih Kepada Ibu Puspita yang telah menjadi FASILITATOR dalam Wor...

- Bp. Jumadi, salah satu karyawan oil company - Pekanbaru -

Pelatihan ini sangat bermanfat dan mendukung pengembangan SDM di instansi pemerintah RI dalam mening...

- Dra. Asnelia, APT, Salah satu Pejabat Pemerintah - Jakarta -

Setelah mengikuti “Excellent Public Speaking & Interpersonal Skill” ini saya merasa lebih percay...

- Dessy Indrasari W, Personal Banker – Jakarta -

Pelatihan 2 hari kemarin merupakan salah satu pelatihan yang paling berkesan untuk saya. Saya sangat...

- Christophorus Danang, Account Executive - Jakarta -

Setelah mengikuti Training "Excellent Personality and Communications" dari ExcellencIA saya merasa t...

- Ratna Febriyanti, Executive Secretary Perusahaan Telekomunikasi - Jakarta -

Facebook

Twitter